RI Tegas Larang Kibarkan Bendera Israel, Ini Aturannya!

Para pengunjuk rasa membakar bendera Israel dan poster Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu saat unjuk rasa mendukung rakyat Palestina di luar Kedutaan Besar AS di Jakarta, Indonesia, Jumat, 20 Oktober 2023. Ratusan orang melancarkan protes di ibu kota Indonesia pada hari Jumat untuk mengecam tindakan tersebut. memberikan dukungan kuat Amerika kepada Israel dan menuntut diakhirinya serangan udara Israel di Jalur Gaza. (AP Photo/Dita Alangkara) 

Foto: Para pengunjuk rasa membakar bendera Israel dan poster Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu saat unjuk rasa mendukung rakyat Palestina di luar Kedutaan Besar AS di Jakarta, Indonesia, Jumat, 20 Oktober 2023. (AP/Dita Alangkara)

Jakarta, CNBC Indonesia – Indonesia tegas memberikan dukungan kepada negara Palestina. Hal itu tecermin dari Kementerian Luar Negeri yang tidak mengakui adanya negara Israel. Bahkan, Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Di Beberapa kesempatan pun Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, menegaskan RI tidak akan menormalisasi hubungan dengan Negara Zionis tersebut. Tak heran jika muncul peraturan yang melarang mengibarkan bendera dan mengumandangkan lagu kebangsaan Israel di Tanah Air.

Baca: Harta Karun Nabi Sulaiman Ditemukan di Israel, Ini Isinya

Sebenarnya, larangan ini terdapat dalam Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Hubungan Luar Negeri oleh Pemda dalam Bab X Hal Khusus poin B nomor 150. Menlu Retno menekennya sendiri.

Lalu bagaimana isi lengkapnya? Berikut dirangkum CNBC Indonesia, Selasa (28/112023).

Di antaranya, Dalam melakukan hubungan dengan Israel kiranya perlu diperhatikan prosedur yang ada dan selama ini masih berlaku:

a. Tidak ada hubungan secara resmi antara Pemerintah Indonesia dalam setiap tingkatan dengan Israel, termasuk dalam surat-menyurat dengan menggunakan kop resmi;

b. Tidak menerima delegasi Israel secara resmi dan di tempat resmi;

c. Tidak diizinkan pengibaran/penggunaan bendera, lambang, dan atribut lainnya serta pengumandangan lagu kebangsaan Israel di wilayah Republik Indonesia;

e . Kunjungan warga Israel ke Indonesia hanya dapat dilakukan dengan menggunakan paspor biasa; dan

f. Otorisasi pemberian visa kepada warga Israel dilaksanakan oleh Kementerian Hukum dan HAM c.q. Direktorat Jenderal Imigrasi. https://tehopeng.com Visa diberikan dalam bentuk afidavit melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura atau Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*