Kesaksian Pilu Tim Medis Gaza Selamatkan Bayi Korban Perang

SENSITIVE MATERIAL. THIS IMAGE MAY OFFEND OR DISTURB    A doctor examines a child in a hospital, amid the ongoing conflict between Israel and Palestinian Islamist group Hamas in Beit Lahiya, Gaza in this screengrab obtained from a social media video released on November 1, 2023. Mer-C/via REUTERS  THIS IMAGE HAS BEEN SUPPLIED BY A THIRD PARTY. MANDATORY CREDIT. 

Foto: MER-C via REUTERS/MER-C

Jakarta, CNBC Indonesia – Di dalam ruang operasi yang gelap di kompleks rumah sakit terbesar di Gaza, para staf membedong lusinan bayi prematur berusia tujuh atau delapan tahun ke tempat tidur. Ini dilakukan sebagai upaya terakhir untuk menjaga bayi-bayi tersebut tetap hangat dan hidup.

Tanpa pasokan oksigen atau listrik untuk inkubator, perawat berusaha memberikan perawatan semampu mereka untuk 39 bayi yang dipindahkan dari unit neonatal setelah terjadi serangan di unit perawatan intensif Dar al-Shifa.

Membawa mereka pindah ke bagian lain di rumah sakit merupakan misi yang berpotensi mematikan, di mana staf melaporkan adanya serangan terhadap siapa pun yang bergerak di dalam kompleks rumah sakit.

PILIHAN REDAKSIUpdate Terkini Perang Gaza: ‘Tipu-Tipu’ Netanyahu-RS LumpuhHizbullah Bantu Hamas dari Lebanon, Fokus Israel Terpecah?Potret Serangan Roket Hizbullah Bikin Israel Gagal FokusGaza Hancur Lebur, Negara Arab & Muslim Kompak Satu Suara

“Unit neonatal tidak terhubung dengan unit bedah utama di kompleks medis al-Shifa; berbahaya untuk pergi dari gedung utama untuk mengambil bayi-bayi tersebut,” kata Marwan Abu Sada, kepala bagian bedah di al-Shifa, seperti dikutip The Guardian.

“Kami menghubungi Komite Internasional Palang Merah (ICRC) dan Israel hanya untuk memastikan perjalanan bayi dari ICU neonatal ke area bedah.”

Tiga puluh sembilan bayi berhasil selamat dari pemindahan tersebut, namun kondisi mereka memburuk pada akhir pekan. “Kami kehilangan nyawa satu bayi hari ini. Kemarin kami kehilangan dua bayi dan saya khawatir bayi-bayi itu semua kehilangan nyawanya,” kata Abu Sada.

Al-Shifa memiliki unit neonatal terbesar di Gaza dan tidak ada tempat lain yang bisa merawat bayi-bayi tersebut, sehingga evakuasi tidak mungkin dilakukan. “Kami tidak lagi mempunyai persediaan oksigen, atau bahkan bahan bakar untuk menjalankan generator,” jelasnya.

Rumah sakit di seluruh Kota Gaza, termasuk al-Shifa sedang berjuang untuk bertahan hidup. Para staf di sini bahkan telah bekerja di bawah pemboman dan tanpa listrik, air bersih, atau makanan.

Rumah sakit tersebut, yang berada di sebelah barat Kota Gaza, telah mengalami enam serangan selama dua hari terakhir. Diketahui tank dan penembak jitu Israel mendekat ke rumah sakit mereka.

“Syifa terkepung; tidak ada yang bisa keluar, dan tidak ada yang bisa masuk,” kata Abu Sada. “Berbahaya bagi kami, bahkan bagi staf medis, untuk melihat ke luar jendela. Kami sangat takut dengan penembakan itu.”

Di tengah kekhawatiran akan tembakan penembak jitu, staf rumah sakit telah memindahkan 600 pasien yang tersisa menjauh dari jendela dan ke koridor yang lebih dalam di dalam kompleks.

Menteri Kesehatan Palestina, Mai al-Kaila, di kota Ramallah, Tepi Barat, mengatakan 12 pasien di dalam al-Shifa telah meninggal dalam dua hari terakhir. Sebuah drone menargetkan orang-orang di kompleks tersebut, dan staf terpaksa meninggalkan setidaknya 100 jenazah yang membusuk di halaman rumah sakit.

Ambulans juga tidak dapat membawa korban luka ke rumah sakit atau membawa pasien ke fasilitas lain.

“Ini adalah pemandangan yang mengerikan bagi seluruh staf. Kami sangat takut, sangat takut dengan pemboman tersebut. Tapi kita harus tetap di sini, kita secara etis wajib merawat pasien, dan kita tidak bisa pergi jika pasien kita masih berada di dalam. Bahkan jika kita bisa, kemana kita akan pergi?” katanya.

Para pejabat Israel telah berulang kali menuntut agar warga Palestina melarikan diri ke wilayah selatan, termasuk dari rumah sakit tempat ribuan orang berlindung, meskipun ada permintaan dari staf yang mengatakan bahwa mengevakuasi pasien kritis akan berakibat fatal. PBB memperkirakan bahwa 1,5 juta orang kini menjadi pengungsi di Jalur Gaza – hampir 70% dari populasinya.

https://kreditmacet.com Setidaknya 11.100 orang telah tewas dalam pemboman Israel di Jalur Gaza sejak 7 Oktober, ketika militan Hamas menyerang kota-kota dan kibbutzim Israel, menewaskan sekitar 1.200 orang. Namun pada Sabtu malam, pejabat kesehatan di daerah kantong yang terkepung mengatakan mereka tidak dapat memperbarui jumlah korban tewas harian akibat serangan terhadap infrastruktur medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*